TUPOKSI

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik

 

TUGAS

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik mempunyai tugas merencanakan, merumuskan, melaksanakan kegiatan pengelolaan layanan Informasi Publik, pengelolaan opini publik, media publik serta kemitraan dan sumber daya komunikasi publik.

 

FUNGSI

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik mempunyai fungsi :

  1. perencanaan dan pelaksanaan program dan kegiatan bidang informasi dan komunikasi publik;Staf
  2. perencanaan, perumusan, pelaksanaan kegiatan pengelolaan layanan Informasi Publik, pengelolaan opini publik, media publik serta kemitraan dan sumber daya komunikasi publik;
  3. pelaksanaan kebijakan kerjasama antar lembaga komunikasi publik;
  4. pengkoordinasian dan penyelenggaraan pengelolaan layanan informasi media publik dan opini publik;
  5. pelaksanaan diseminasi informasi pembangunan nasional/daerah;
  6. penyusunan petunjuk pelaksanaan kegiatan dalam penyelenggaraan pembinaan dan/atau penilaian kelompok informasi masyarakat;
  7. pelaskanaan fasilitasi dan pemberdayaan kemitraan media lokal, media Pemerintah Daerah dan non Pemerintah Daerah; dan
  8. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Kepala Dinas.

 

SEKSI-SEKSI

  1. Seksi Pengelolaan dan Layanan Informasi Publik, mempunyai tugas :
    1. menyiapkan bahan penyusunan, perencanaan, perumusan, pelaksanaan pengelolaan dan layanan informasi publik;
    2. menyelenggarakan layanan pengelolaan informasi dan opini publik serta analisis isu publik;
    3. melaksanakan Koordinasi kelembagaan dan pengelolaan pengaduan masyarakat di bidang layanan informasi publik;
    4. melaksanakan koordinasi dengan instansi di lingkungan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten guna mendapatkan bahan sajian layanan informasi publik;
    5. memfasilitasi pelaksanaan kegiatan Komisi Informasi Publik (KIP); dan
    6. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik.

 

  1. Seksi Kemitraan dan Media Publik, mempunyai tugas :
    1. menyiapkan dan melaksanakan penyebarluasan informasi melalui media elektronik, cetak dan luar ruang;
    2. melaksanakan Penyebarluasan Informasi secara langsung (Interpersonal
      communication);
    3. melaksanakan penyebarluasan informasi pembangunan daerah melalui penyertaan pameran/promosi;
    4. melaksanakan koordinasi dan kerjasama di bidang kemitraan lembaga komunikasi publik;
    5. melaksanakan penguatan hubungan kemitraan lembaga pemantau media/lembaga konsumen media; g
    6. melaksanakan pengelolaan radio milik pemerintah daerah;
    7. melaksanakan koordinasi dan fasilitasi pelaksanaan kegiatan Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Jawa Timur; dan
    8. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik.

 

  1. Seksi Kelembagaan Komunikasi Sosial dan Pemerintah, mempunyai tugas :
    1. menyusun petunjuk pelaksanaan kegiatan pembinaan dan penilaian Kelompok Informasi Masyarakat;
    2. melaksanakan Pengembangan, pembinaan dan penilaian Kelompok Informasi Masyarakat;
    3. menyiapkan bahan penyusunan, perumusan, pelaksanaan kebijakan pendayagunaan lembaga komunikasi sosial dan media tradisional (pentura);
    4. memfasilitasi pemberdayaan komunitas komunikasi strategis yang berkembang di masyarakat;
    5. melaksanakaan kebijakan komunitas komunikasi berdasarkan kesetaraan gender;
    6. menyiapkan dan melaksanakan koordinasi jaringan komunikasi pemerintah dan masyarakat; dan
    7. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik.