beritaBerita TIKUncategorized

Survey Pemasangan Koneksi Wifi Sampang di Pustu Desa Gunung Rancak, Kecamatan Robatal

Plt Kadis Kominfo Amrin Hidayat beserta tim teknisi jaringan Bidang TIK melakukan survey Pemasangan Jaringan Intranet Sampang di Pustu Desa Gunung Rancak, Kecamatan Robatal. Kegiatan ini dilakukan untuk menindaklanjuti keluhan Puskesmas Robatal perihal sulitnya sinyal internet di daerah Pustu Desa Gunung Rancak Kecamatan Robatal. Daerah tersebut diapit oleh pegunungan dari utara maupun selatan. Dengan kata lain, daerah tersebut termasuk daerah blankspot atau kondisi di mana suatu tempat tidak tersentuh dan tidak terlingkupi oleh sinyal komunikasi. Hal ini berimbas pada sulitnya proses entry data yang dilakukan oleh Pustu Desa Gunung Rancak.

Akhirnya Plt kadis kominfo memberikan solusi untuk pemasangan jaringan intranet Wifi Sampang di Pustu Gunung Rancak. Dikarenakan infrastruktur Jaringan Intranet Sampang sudah memadai, maka dilakukanlah survei di Pustu Gunung Rancak  dimana dari hasil pathloss,  sinyal jaringan intranet Sampang bisa tersambung dari Repeater Karanganyar Ketapang dengan jarak 6 KM dari Pusti Desa Gunug Rancak.

Hal tersebut disambut baik oleh Petugas Pustu Desa Gunung Rancak. “Nantinya akan kami gunakan sebaik mungkin untuk entry data SIMPUS dan Gizi. Kalau sebelumnya kami entry data harus ke atas gunung untuk mendapatkan sinyal. Semoga dengan adanya bantuan dari kominfo yaitu wifi sampang dapat mempermudah entry data SIMPUS dan Gizi dan keperluan lainnya” ungkap salah satu Petugas Pustu.

Kemudian dilanjutkan ke Puskesmas Robatal karena ada laporan bahwa wifi sampang di lantai 2 tidak dapat diakses dan konsultasi penambahan Wifi Sampang. Permintaan tambahan Wifi Sampang agar poli yang agak jauh bisa juga merasakan wifi sampang. Saat pengecekan hasilnya ada beberapa switch yang rusak yang menyebabkan wifi sampang di lantai 2 tidak dapat diakses. Dan akhirnya wifi sampang dapat digunakan kembali.