SOTO MADURA DAN KERIPIK CENGE KULINER FAVORITE LEBARAN DI SAMPANG, RUJAK DI BURU KAUM PERANTAU DAN PENDATANG

 SAMPANG РDISKOMINFO

Kuliner Favorite saat lebaran di Kabupaten Sampang Madura Jawa Timur masih tetap Soto Madura dan Keripik Cenge. Sedangkan Rujak di minati dan di buru oleh para perantau maupun pendatang yang sedang merayakan Idul Fitri tahun 2018 di Kabupaten Sampang. Selain di kenal sebagai kuliner khas Pulau Madura, Soto Madura merupakan makanan yang tidak bisa di hilangkan dan seolah menjadi menu wajib untuk di sajikan pada kegiatan tertentu terutama saat lebaran

Sementara Keripik Cenge merupakan salah satu produk unggulan Madura yang berbahan baku singkong dan terasa nikmat jika di santap dengan Cenge (Sambel terasi, petis maupun Tomat). Seperti ungkapan Yusdiana 34 warga jalan Semeru Kelurahan Rongtengah jumat 15/6, Ia mengaku setiap lebaran selalu menyajikan menu wajib Soto Madura selain menu yang lain. Sebab selain mempunyai cita rasa yang khas juga sangat pas dengan selera keluarga maupun kerabat yang sedang berkunjung, selain itu bahan baku nya mudah tersedia.

Demikian juga pengakuan dari Rum 47 warga jalan Melati Kelurahan Dalpenang, menurutnya dari makanan ringan yang di sajikan Keripik Cenge paling di minati para tamu, “Setiap lebaran saya selalu menyiapkan lima toples besar lengkap dengan Cenge rasa Variatif untuk para tamu, sampai hari kedua lebaran keripik cenge yang di sediakan sudah ludes,”ujarnya merasakan kepuasan karena hidangannya selalu di minati tamu.

Lain lagi ungkapan para perantau maupun pendatang yang sedang berlebaran di Kabupaten Sampang. Hamim Tohir warga jalan Panglima Kelurahan Dalpenang yang sedang merantau di Surabaya mengaku kecewa karena lebaran tahun 2018 tidak bisa menikmati rujak untuk di santap bersama keluarga. Pasalnya pada hari pertama lebaran para penjual rujak sedang tidak berjualan, “Saya sudah mencarinya namun tidak ada yang berjualan, terpaksa membeli bahan sendiri dan rujakan bersama keluarga,”ucap Hamim Tohir. Ia berharap hari kedua lebaran para penjual rujak sudah tidak sibuk dan mulai berjualan, sehingga kerinduan terhadap kuliner khas itu bisa terpenuhi.

Ditambahkan kerinduannya untuk menikmati rujak karena selama di Surabaya jarang menemukan rujak dengan cita rasa khas Sampang, selain itu ada kejenuhan terhadap menu lebaran yang tersedia. Rasa penasaran juga di sampaikan Wiwik Suryani warga Pasuruan yang sedang berlebaran di Sampang. Wiwik Suryani mengaku setiap kali berkunjung ke Sampang terutama saat lebaran makanan rujak tidak pernah terlewatkan, “Awalnya tidak terlalu tertarik, setelah mencoba untuk merasakan ternyata enak dan unik mas,”tandasnya. Ia menyebutkan rasa unik dari rujak Sampang di dominasi bahan bumbu petis madura yang berbahan baku ikan, terasi dan udang.

Untuk lebaran kali ini Wiwik Suryani menikmati rujak saat mengunjungi salah satu tempat wisata yang ada di Kecamatan Camplong.