beritaBerita StatistikBerita TIK

Rapat Internal Pembentukan Computer Security Incident Response Team Sampang

Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sampang, Amrin Hidayat, membuka kegiatan rapat internal dalam rangka pembentukan CSIRT (Computer Security Incident Response Team) atau tim tanggap insiden keamanan siber, di Ruang Kerja Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sampang, Kamis (27/01/2022).

Dalam sambutannya Plt. Kepala Dinas menyampaikan pentingnya Tim ini untuk mengantisipasi serangan syber terhadap keamanan siber di sektor pemerintah dan kedepan kerawanan terkait siber akan terus meningkat. Kegiatan yang dilaksanakan diruang kerja Kepala Dinas ini, dihadiri oleh seluruh staf di Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi dan Bidang Statistik dan Persandian.

Dalam rapat ini Pejabat fungsional Sandiman, Haris Purnawan, menjelaskan dasar dari pembentukan Tim CSIRT adalah Peraturan Badan Siber dan Sandi Nomor 10 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Persandian untuk Pengamanan Informasi di Pemerintah Daerah dan mengacu pada SE Kepala Dinas Kominfo Provinsi Jawa Timur 065/2674/114.4/2021 tanggal 28 Oktober 2021. Beliau juga menyampaikan progres pembentukan tim ini, “Tahun ini Pemerintahan Daerah Kabupaten/Kota di Jawa Timur telah mengirim surat ke Pemprov Jatim dan merencanakan pembentukan Tim CSIRT dan Insya Allah Kabupaten Sampang kabupaten pertama dari 4 kabupaten di Madura untuk pembentukan Tim ini”, pungkas beliau. Beliau juga menyampaikan progress pembentukan tim ini, “Tahun ini Pemerintahan Daerah Kabupaten/Kota di Jawa Timur telah merencanakan pembentukan Tim CSIRT dan Insya Allah Kabupaten Sampang menjadi yang pertama untuk pembentukan Tim ini”, pungkas beliau.

Diakhir acara, disepakati Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sampang akan melaksanakan studi banding ke Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota yang telah membentuk Tim CSIRT.