beritaBerita TIK

Radio Cambium Dinaikkan, Wifi Sampang di Kecamatan Kedungdung Conected Kembali

TIK –  Wifi Sampang di Kecamatan Kedungdung sudah dapat diakses kembali pasca robohnya tower milik Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Sampang pada akhir tahun 2019. Pemasangan Radio Cambium  pada Tower Dispendukcapil yang berlokasi di kantor kecamatan kedungdung dilakukan oleh Tim Teknisi Jaringan  (Tekjar)  Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sampang yaitu  Arif, Dedi, Didit dan Risky (04/09/2020).

Pada akhir tahun 2019, tower triangle Dispendukcapil di Kantor Kecamatan Kedungdung roboh  yang mengakibatkan alat yang sudah terpasang  yaitu dua buah  ligowave rapidfire mengalami kerusakan. Hal ini juga mengakibatkan koneksi pada kecamatan tersebut dan di daerah utara yaitu kecamatan Banyuates, Ketapang dan Sokobanah terputus. Selain itu, sebagian bangunan Kantor kecamatan Kedungdung juga mengalami kerusakan.

Setelah beberapa bulan, Dispendukcapil membangun kembali tower triangle yang roboh dengan ketinggian 36 meter. Dengan dibangunnya tower ini kembali, diharapkan pelayanan kepada masyarakat  dapat segera berjalan normal kembali. Sehari sebelum pemasangan Radio Cambium EPMP Force 200 di Kecamatan Kedungdung yaitu pada tanggal 3 September 2020, Tim Tekjar Diskominfo melakukan pemasangan Radio Cambium di Tower milik Dishub dengan sudut 16° yang berfungsi sebagai pemancar. Keesokan harinya, pemasangan Radio Cambium yang berfungsi sebagai  penerima  juga dipasang pada  Tower Dispendukcapil di Kantor Kecamatan Kedungdung dengan sudut 196°.

Setelah kedua Radio Cambium tersebut dipasang, radio tersebut dapat tersambung dengan sinyal -67 dan lebar chanel 40 yang menghasilkan speedtest uplink 74 Mbps dan downlink 110 Mbps. Wifi Sampang kemudian dapat di akses kembali di Kecamatan Kedungdung. (addr)