beritaBerita TIK

Pertemuan dengan TP2D bahas 4 hal Penting

TIK – Melanjuti surat dari Sekretaris Daerah Nomor 005/611/434.301/2020, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sampang mengghadiri Rapat Koordinasi Pengembangan Website Kab. Sampang dan Rencana Pembangunan Smart Centre dengan Tim Percepatan Pembangunan Daerah (TP2D) Kabupaten Sampang di Sekretariat TP2D Pendopo Trunojoyo Sampang (13/10/2020).

Hadir dalam pertemuan TP2D, Bappelitbangda dan Diskominfo Amrin HD beserta staf Bidang TIK.

Dalam pertemuan tersebut membahas perihal Website BKPSDM yang sempat diretas oleh hacker. Plt. Diskominfo  memberikan klarifikasi bahwa hosting website BKPSDM tersebut diluar Diskominfo. Sehingga dalam insiden ini, diluar kewenangan Diskominfo. Maka dari itu TP2D mengharapkan Inspektorrat  untuk turut serta dalam menata masalah seperti ini, misalnya semua aplikasi yang ada di OPD diharapkan berada dalam hosting Diskominfo. Selain itu, diperlukannya juga Audit IT atau  asessment dari pihak ke-3.

Dibahas juga dalam pertemuan tersebut capaian Integrasi Data yang diharapkan semua aplikasi layanan yang masih parsial agar dapat diintegrasikan melalui https://sistem-penghubung.sampangkab.go.id yang ditampilkan dalam https://dashboard.sampangkab.go.id . Sampai saat ini, OPD yang sudah melakukan integrasi data adalah Bappelitbangda, BPPKAD, BKPSDM, DPUPR, Disporabudpar dan Dinkes. Untuk selanjutnya, akan dilakukan integrasi data RSUD dan Dispendukcapil. TP2D meminta Diskominfo untuk membuat pertemuan dengan developer dari Dispendukcapil dan RSUD untuk mengkoordinasikan perihal integrasi data.

Selain itu, juga dibahas perihal Radio yang belum mempunyai ijin frekuensi. TP2D meminta agar Diskominfo dapat membuat kajian problem Radio.

Dalam kesempatan ini, Plt. Kadiskominfo menyampaikan tentang Implementasi Budaya Digital Transformation atau Ibudita yang dalam hal ini dimulai dengan Manajemen Dokumen dan distribusi surat. TP2D menyambut antusias dengan inovasi tersebut sehigga meminta Diskominfo untuk terus melanjutkan Ibudita yang akhir tahun nanti akan direncanakan untuk diadakannya Bimtek Manajemen Dokumen dengan pilot project dari BKPSDM, Bappelitbangda, BPBD, DPMD dan Dinkes.