beritaBerita Sekretariat

Dorong Implementasi SAKIP dan Reformasi Birokrasi, Inspektorat Adakan Rapat Koordinasi

Sampang (10/9) Inspektorat Daerah Kabupaten Sampang mengadakan acara Rapat Koordinasi Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan Implementasi Reformasi Birokrasi (RB) bertempat di Aula Inspektorat Daerah Kabupaten Sampang. Acara yang dipimpin langsung oleh Inspektur Daerah Kabupaten Sampang, Mohammad Amiruddin, dihadiri oleh semua OPD se-Kabupaten Sampang. Dalam sambut pembukaan acara tercebut, Inspektur meminta OPD-OPD untuk memenuhi dokumen SAKIP dan RB agar nilai SAKIP dan RB bisa lebih baik sesuai target yang telah ditetapkan.

                                          

Inspektur Pembantu Wilayah II (Irban II), Majid Syamroni, menambahkan bahwa penilaian SAKIP berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 12 Tahun 2015 tentang Pedoman Evaluasi atas Implementasi SAKIP dan penilaian RB berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 26 Tahun 2020 tentang Pedoman Evaluasi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi. Beliau menambahkan bahwa kondisi sekarang dari penilaian internal masih belum memenuhi target yang dietapkan. “Target SAKIP kita adalah A dan RB adalah B, sementara penilaian internal yang telah kita lakukan baik untuk SAKIP dan RB masih belum sesuai target. Kami berharap kepada OPD-OPD untuk melakukan koordinasi dan komunikasi dengan evaluator sebagai perbaikan Nilai SAKIP dan RB” ujar beliau.

                                         

Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sampang, Amrin Hidayat, yang hadir juga secara langsung kegiatan ini, merespon cepat Implementasi SAKIP dan RB. Beliau berharap untuk nilai SAKIP dan RB Diskominfo tidak hanya sekedar A, tapi kalau bisa A+. Dalam rapat tersebut beliau didampingi oleh Kasubag. Keuangan dan Program Prama Arta Wiraswasta dan Pejabat Fungsional Pranata Komputer Muda, Fery Isniady. [keu]