beritaBerita IKPBerita StatistikBerita TIK

Diskominfo Sosialisasi Implementasi Tanda Tangan Elektronik

DISKOMINFO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sampang menggelar Sosialisasi Penerapan Tanda Tangan Elektronik (TTE) di Aula Pemerintah Kabupaten Sampang, Rabu (10/3/2021).

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sampang H. Yuliadi Setiawan, Asisten III Abd. Hannan, Plt. Kepala Diskominfo Amrin Hidayat, S.Kom dan Perwakilan dari masing – masing Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Sampang.

“TTE mendukung Reformasi Birokrasi dimasa pandemi ini, pemanfaatan TTE menjadi solusi penunjang pelaksanaan kegiatan administrasi perkantoran, maka dari itu Pemkab Sampang melalui Diskominfo akan memfasilitasi TTE dan dalam waktu dekat Diskominfo juga akan mengintegrasikan TTE ini dengan SiMadu sehingga seluruh administrasi persuratan dan pengarsipan sesuai tata naskah dinas dapat ter-record dalam sistem.” ungkap Sekda Kab. Sampang H. Yuliadi Setiawan.

“TTE merupakan salah satu bagian dari perubahan budaya kerja menuju Digital Transformation yang dituangkan dalam inovasi Ibudita atau Implementasi Budaya Digital Transformation.” tambahnya.

Hadir sebagai Narasumber dari kegiatan tersebut adalah Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Nanang Indarjo dan Sofu Rizqi Yulian S. Dijelasakan dalam sosialisasi tersebut bahwa Sertifikat elektronik membantu mengamankan data atau informasi pada e-Goverment, sehingga data lebih terjamin dan memenuhi kaidah keamanan informasi yakni autentik, keaslian data lebih terjamin, Utuh, data hanya dapat diubah atau dimodifikasi oleh pihak yang berwenang dan privasi, data hanya dapat diakses oleh pihak yang berwenang membuat atau diterbitkan oleh OSD. OSD merupakan kependekan dari (Otoritas Sertifikat Digital) OSD merupakan pihak ketiga terpercaya yang bertugas menandatangani, menerbitkan dan memelihara atau pengelolaan sertifikat elektronik.