beritaBerita TIK

Dishub dan Diskominfo Lakukan Migrasi Jaringan CCTV Lalu Lintas ke FO

     

TIK – Dinas Perhubungan (Dishub) bersama Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sampang melakukan migrasi media transmisi jaringan CCTV Lalu Lintas  (lalin) dari radio ke Fiber Optik (FO) (10/09/2020).

Pengembangan jaringan tidak hanya dilakukan pada Jaringan WIFI Sampang, tetapi juga pada jaringan CCTV lalin.  Jaringan CCTV lalin awalnya menggunakan radio sebagai media transmisinya. Kemudian setelah diterapkannya FO sebagai media transmisi pada jaringan WIFI Sampang oleh Diskominfo, Dishub juga tertarik untuk mengubah media transmisi pada CCTV lalin.

Hal tersebut dipilih dikarenakan FO memiliki kecepatan akses data yang lebih tinggi dari pada radio. Kecepatan akses data yang diberikan tidak mempengaruhi validitas data yang diterima karena kecil kemungkinan terjadi hilang data saat menggunakan FO.

Alhasil setelah configurasi Jaringan CCTV lalin dilakukan, CCTV normal kembali dan bahkan lebih cepat dari sebelumnya.

Migrasi media transmisi jaringan CCTV  lalin dari radio ke  FO dimulai dari CCTV yang berada di Lalin Monumen Trunojoyo Sampang. Kedepannya semua jaringan CCTV akan dimigrasi ke FO secara bertahap. (aidil)