beritaBerita TIK

Dinkes dan Diskominfo Koordinasi Terkait Integrasi Data dan Jaringan WIFI Sampang di Puskesmas

TIK – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sampang dan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sampang melakukan Koordinasi perihal Jaringan WIFI Sampang yang akan diperluas hingga puskesmas-puskesmas dan Sistem Informasi Manajemen Puskesmas (SIMPUS) yang nantinya akan diintegrasikan dengan website masing – masing puskesmas (17/09/20).

Hadir dalam pertemuan Plt. Kadiskominfo Amrin HD bersama Pranata Komputer Diskominfo Fery Isniady, Kasubag Program Dinkes Muhammad Maman Firmansyah S.KM bersama Pranata Komputer Dinkes, Kepala  Puskesmas Banjar dan Developer SIMPUS. Dalam Kesempatan tersebut, Kapus Banjar menyampaikan keinginannya agar Puskesmas Banjar dapat lebih maju lagi disisi IT sehingga Kapus Banjar ingin agar website Puskesmas Banjar dapat lebih hidup lagi. Hal tersebut disambut baik oleh Plt. Diskominfo serta mendapat dukungan penuh dari Kasubag Program Dinkes.

Plt. Kadiskominfo menyampaikan nantinya website seluruh puskesmas akan di tata ulang serta akan diintegrasikan dengan SIMPUS sehingga website Puskesmas bisa lebih informatif perihal pelayanannya. Dalam koordinasi tersebut disepakati bahwa informasi yang nantinya akan diintegrasikan antara website Puskesmas dan SIMPUS adalah tentang jumlah kunjungan, 10 penyakit terbanyak dan tarif pelayanan serta akan dikembangkan lagi nantinya seiring berjalannya pelayanan. Selain itu, Developer SIMPUS juga menyanggupi bahwa informasi 10 penyakit terbanyak sudah dapat ditampilkan minggu depan.

Dalam Kesempatan tersebut, dibahas pula tentang Jaringan Wifi Sampang yang akan diperluas hingga ke  puskesmas-puskesmas dengan harapan dapat memfasilitasi ketersediaan internet sehingga dapat mempercepat dan mempermudah puskesmas dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat. Selain itu, nantinya di masing – masing puskesmas juga akan dipasang CCTV yang akan diintegrasikan ke dalam satu dashboard CCTV sehingga pelayanan yang diberikan dapat dilihat langsung oleh Kepala Daerah. Dengan adanya perluasan Jaringn WIFI Sampang ini, puskesmas juga dapat terfasilitasi dalam penerapan Sistem Informasi Manajemen Puskesmas (SIMPUS).

Sampai dengan saat ini ada 5 puskesmas  yang telah tersambung dengan WIFI Sampang yaitu : Puskesmas Kamoning, Puskesmas Torjun, Puskesmas Omben, Puskesmas Banjar dan Puskesmas Jrangoan. Kasubag Program Dinkes menyampaikan bahwa ada 8 puskesmas yang telah menganggarkan pengembangan Wifi Sampang  pada tahun ini. Anggaran yang dimaskud adalah anggran yang akan dibelanjakan peralatan jaringan yang nantinya akan digunakan di puskesmas tersebut. Sementara dari titik pemancar hingga titik penerima menggunakan anggaran dari Diskominfo. Diharapkan jaringan Wifi Sampang sudah bisa berjalan diakhir tahun ini.

Disela-sela koordinasi tersebut, Plt Kadiskominfo juga memaparkan tentang Aplikasi Manajemen Permintaan Data antar Organisasi Perangkat Daerah dan Aplikasi Manajemen Dokumen yang telah diterapkan di Diskominfo. Karena Penerapan aplikasi ini merupakan salah satu bentuk pelaksanaan Digital Transformation. Dinkes dan Kapus Banjar antusias dengan adanya dua aplikasi tersebut karena  dapat mempermudah urusan dan membuat waktu lebih efisien serta efektif. Pada kesempatan ini juga, Pusksemas Banjar ditunjuk sebagai Pilot Project Manajemen Permintaan Data.