beritasemua

Langkah Diskominfo menuju Sampang Smart City

Diskominfo- Sampang
Smart city merupakan wilayah kota yang telah mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi(TIK) dalam tata kelola sehari-hari, yang bertujuan untuk mempertinggi efisiensi, memperbaiki pelayanan publik, dan meningkatkan kesejahteraan warga.Kamis,21/02/2019, Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat menghadiri acara Gerakan Menuju 100 Smart City di Pusat TIK Nasional, Tengerang selatan, yang di dampingi oleh Kepala Diskominfo Kab. Sampang, dari 165 kabupaten/ kota diberi kesempatan untuk mengikuti assessment itu, namun hanya 150 kabupaten/ kota yang bisa menghadiri acara tesebut termasuk kabupaten sampang, Madura, jawa timur.
Rancangan smart city ini diharapkan bisa membantu solusi perkotaan seperti adanya transparansi dan partisipasi publik, transportasi publik, transaksi non-tunai, menajemen limbah, energy, keamanan, data, dan informasi.Integrasi teknologi dalam tata kelola kota dimungkinkan berkat keberadaan internet of things, yaitu jaringan perangkat elektronik yang saling terhubung dan mampu mengirim data ataupun melakukan tindak lanjut dengan campur tangan manusia yang minimal.
Implementasi smart city di Indonesia sendiri mengalami berbagai kendala, mulai dari infrastruktur penunjang yang belum memadai, kesiapan pemerintah setempat, hingga masyarakat sendiri yang belum mampu memanfaatkan teknologi digital secara maksimal.Dihadapan tim penguji dan di depan dinas kominfo yang hadir di Pusat TIK Nasional yang beralamat Pisangan, Ciputat tim, kota Tengerang Selatan , wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat sangat antusias dan berkometmen untuk menciptakan kota sampang yang cerdas berbasis Teknologi di gital dan tidak menginginkan kota sampang menjadi kota tertinggal (Smart City).Kadis Kominfo sampang, Drs. H. Djuwardi, MM, berharap smart city ini dapat membantu solusi perkotaan seperti adanya transparansi dan partisipasi publik, transportasi publik, transaksi, keamanan, data, dan informasi.
“Jelas smart city ini sangat membantu bagi perkotaan tantangan demi tantangan terus hadir didepan kita, sadar atau tidak sadar di era digital ini telah mengubah seluruh cara lama dan kebiasaan lama kita harus membenahi” Jelas H. Djawardi
“ kita harus membenahi termasuk SDMnya” imbuhnya.

Menghadapi era digital kota sampang yang terletak dipulau kecil yakni pulau Madura, jawa timur siap menjadikan tatanan kota sampang siap bersaing demi menyongsong masa depan kota sampang yang hebat dan bermartabat.(why)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *